Wisata Dieng Candi Arjuna-Sehari di Dieng

Sehari di Dieng, Kemana Aja? Coba 5 Tempat Wisata Ini

Oleh: Happytour.id

Diperbarui:

Kategori: Informasi, Info Terkini, Wisata Dieng

Dieng, sebuah surga tersembunyi di dataran tinggi Jawa Tengah yang kaya keindahan alam dan warisan budaya. Sehari di Dieng bisa menjadi petualangan yang mengesankan dengan dipenuhi dengan pemandangan menakjubkan, udara segar, dan kegiatan seru. 

Mari kita telusuri 5 tempat wisata terbaik yang wajib kamu kunjungi untuk merasakan magisnya Dieng secara langsung!

1. Sunrise Sikunir

Wisata Dieng Sunrise Sikunir Bukit Sikunir
Keindahan Sunrise di Bukit Sikunir

Pertama, kamu bisa mengunjungi Sunrise Sikunir yang menawarkan panorama matahari terbit yang mengesankan. Untuk ke puncak Bukit Sikunir, kamu membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. 

Selain menyaksikan keindahan golden sunrise, kamu juga bisa menikmati pemandangan 8 gunung lainnya dari puncak Sikunir. Mulai dari Gunung Sindoro, Gunung Prau Gunung Sumbing, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, hingga Gunung Merapi.

  • Alamat: Sembungan, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Google Maps)
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000

2. Telaga Menjer

Telaga Menjer-Wisata Sehari di Dieng
View Indah Telaga Menjer Dieng – Tempat Wisata di Dieng

Telaga Menjer adalah telaga alami terluas di area Wisata Dataran Tinggi Dieng, terletak pada ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut dengan luas sekitar 70 hektar dan kedalaman mencapai 50 meter. 

Telaga ini terbentuk dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja bertahun-tahun yang lalu, yang membentuk cekungan luas dan dalam. 

Seiring waktu, cekungan tersebut terisi oleh air hujan dan mata air, membentuk Telaga Menjer seperti yang kita lihat hari ini.

  • Alamat: Garung, Wonosobo Regency, Central Java (Google Maps)
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000

3. Candi Arjuna

Wisata Dieng Candi Arjuna
Kemegahan Candi Arjuna Dieng – Tempat Wisata Dieng

Kompleks Candi Arjuna menawarkan pengalaman spiritual dan keindahan alam yang tak tertandingi di Dieng. 

Terletak di tengah-tengah perbukitan yang menawan, kompleks ini memikat pengunjung dengan lima bangunan candi yang megah yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. 

Saat sehari di Dieng, kamu bisa berkunjung ke Candi Arjuna. Nantinya, kamu akan meilihat pohon cemara yang menjulang tinggi yang menambahkan pesona alami menakjubkan di sekitar candi-candi kuno ini.

Paket Wisata ke Jogja dari Happytour.id
  • Alamat: Garung, Wonosobo Regency, Central Java (Google Maps)
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 07.30 WIB – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp15.000

4. Kawah Sikidang

Wisata Dieng Kawah Sikidang
Kawah Sikidang Dieng – Tempat Wisata Dieng

Salah satu daya tarik utama Dieng adalah Kawah Sikidang. Destinasi wisata ini merupakan sebuah kawah gunung berapi yang menakjubkan, namun aman untuk kamu kunjungi. 

Dikenal dengan warna kehijauan dan asap putih yang terus-menerus keluar dari perut bumi, kawah ini menawarkan pengalaman yang memukau bagi pengunjung. 

Untuk mencapai kawah utama, pengunjung akan melewati jembatan kayu yang tidak hanya memudahkan perjalanan namun juga menciptakan latar belakang Instagramable yang sempurna untuk berfoto.

  • Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Google Maps)
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000

5. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim
Air Terjun Sikarim Dieng-Tempat Wisata Dieng

Air Terjun Sikarim terletak di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut dan memiliki tinggi mencapai 125 meter, menjadikannya salah satu air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Keindahannya sangat mencolok, sehingga aliran airnya bisa terlihat jelas dari kejauhan.

Terletak di Desa Sembungan, lokasinya yang berada di puncak gunung sering kali membuat puncak air terjun terlindungi oleh kabut. Oleh karena itu, banyak yang menyebutnya sebagai air terjun di atas awan.

Air Terjun Sikarim diberi sumber air dari Telaga Cebong, sebuah telaga menakjubkan di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir. Saat debit air meningkat, aliran air yang jatuh di atas batu-batu besar di sekitar air terjun menambah keindahannya.

  • Alamat: Bakal Buntu, Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Google Maps)
  • Jam Buka: Setiap Hari Pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000

5 Tips Liburan Sehari di Dieng

Kamu ingin liburan sehari di Dieng? Meski terbatas karena waktu yang singkat, kamu tetap bisa memiliki pengalaman liburan di Dieng yang mengesankan. Supaya 

1. Rencanakan Jadwal dengan Baik

Dieng memiliki banyak tempat wisata yang menarik seperti Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Air Terjun Sikarim, dan Telaga Menjer. Rencanakan jadwal kunjungan Anda dengan baik agar bisa mengunjungi tempat-tempat ini tanpa terburu-buru.

2. Kenakan Pakaian Hangat

Dieng berada di dataran tinggi, sehingga suhu udara bisa cukup dingin terutama di pagi dan malam hari. Pastikan untuk mengenakan pakaian hangat atau membawa jaket untuk menjaga kenyamanan selama liburan.

3. Bawa Perlengkapan yang Diperlukan

Supaya liburan sehari di Dieng terasa lebih aman dan nyaman, kamu perlu membawa perlengkapan yang dibutuhkan. Diantaranya, kamera untuk mengabadikan momen indah, botol air minum untuk menjaga hidrasi selama berpetualang, dan pakaian hangat karena suhu dingin di Dieng sering terjadi.

4. Rencanakan Makan Siang dan Istirahat

Ada beberapa warung makan di sekitar Dieng yang menyajikan hidangan lokal. Rencanakan untuk makan siang dan istirahat sejenak untuk mengisi energi dan menikmati suasana sekitar.

5. Patuhi Aturan dan Kebijakan Tempat Wisata

Beberapa tempat wisata mungkin memiliki aturan tertentu yang perlu dipatuhi, seperti larangan merokok atau menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan untuk mematuhi aturan tersebut demi menjaga kelestarian dan keselamatan.

Itulah 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan sehari di Dieng beserta tipsnya. Merencakan liburan memang terkadang merepotkan, apalagi dalam waktu yang singkat kamu harus memastikan setiap waktu memberikan pengalaman yang memuaskan.

Happytour.id hadir memberikan solusi liburan di Dieng yang menyenangkan dengan layanan  paket wisata dieng 1 hari dan paket wisata lainnya. Yuk, hubungi kami sekarang dan wujudkan rencana liburanmu ke Dieng bersama Happytour.id sekarang!