Wisata Jogja Pantai Drini

Wisata Jogja Pantai Drini – merupakan salah satu obyek wisata alam di Yogyakarta yang juga biasanya masuk dalam paket wisata Jogja. Pantai ini cukup populer bagi para wisatawan yang menginjakan kaki di Gunung Kidul, karena menurut kebanyakan wisatawan, pantai Drini merupakan pantai terbaik yang ada di Gunung Kidul dan memiliki keindahan yang memesona. Pantai Drini Gunung Kidul masuk dalam deretan pantai di selatan pulau Jawa.

Pantai ini berhasil menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara karena Pantai Drini mempunyai karakter yang sedikit berbeda dibanding pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul, yakni terdapat pulau karang berukuran kecil dan tak jauh dari pinggir pantai. Pulau karang tersebut tampak hijau karena banyak ditumbuhi tanaman Drini yang mempunyai nama latin yaitu Pemphis Acidula. Dan karena itu pula obyek wisata pantai ini diberi nama pantai Drini.

Selain karena pantai Drini memiliki pulau karang nan cantik, Pantai ini dikenal pula sebagai pantai yang memiliki dua wajah. Arah barat pantai terlihat banyak perahu nelayan serta tempat pelelangan hasil tangkapan laut, sehingga di bagian barat yang sedikit nampak agak kumuh.

Meski begitu, di bagian arah barat, para wisatawan akan dimanjakan dengan banyaknya hasil tangkapan laut. Kamu juga bisa membeli secara langsung hasil tangkapan laut segar dari nelayan, kemudian dapat langsung diolah di warung-warung pedagang sekitar. Dan ketika Kamu menginjakan kaki di sebelah timur, maka pemandangan yang cantik akan terlihat dengan hiasan ombak tenang, pasir putih serta perbukitan hijau.

[ Anda juga bisa mengunjungi tempat yang wow lainnya yaitu Wisata Pantai Sadranan ]

Adanya dua karakteristik yang berbeda dari wisata jogja Pantai Drini justru menjadi keunikan tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Karakter ombak Pantai Drini yang tenang, menjadikan pantai ini cocok untuk tempat liburan bersama anak-anak. Pasirnya yang lembut serta perairannya yang dangkal diisi air laut jernih, membuat wisatawan betah dan dapat melihat biota laut cukup dengan menggunakan mata telanjang saja.

Saat hendak melepas penat dari kesibukan sehari-hari dengan berwisata ke Yogyakarta bersama kawan atau pun keluarga, pastinya menginginkan perjalanan wisata yang tidak repot maupun pusing dengan rute perjalanan menuju obyek wisata. Oleh karena itu, percayakanlah perjalanan wisata Kamu pada http://happytour.id/ dengan memilih paket tour Jogja.

Harga Tiket Persewaan dan Parkir di Pantai Drini

Wisata Jogja Pantai Drini – Pengunjung pantai Drini yang hendak bermain air laut sembari berkano atau mendayung perahu, tersedia pula persewaan kano atau perahu karet dengan harga sewa yang dapat ditawar. Jika ingin menikmati pesona Pantai Drini Gunung Kidul, cukup membayar tiket masuk dengan harga sekitar Rp 5.000 per orang. Sedangkan tarif parkir di sekitar pantai Drini, kurang lebih Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Di sekitar Pantai Drini antara pantai dengan pulau karang, ada sungai kecil dan dapat disebrangi tanpa menaiki perahu. Para pengunjung dapat naik ke pulau karang menggunakan tangga beton serta jalan bambu. Untuk itu, pengunjung hanya perlu membayar retribusi sekitar Rp 1000 per orang. Namun sangat disarankan agar wisatawan memantau kapankah air laut mulai pasang supaya tidak terjebak.

Lokasi dan Rute menuju Pantai Drini

Untuk menuju Pantai Drini wisatawan harus melakukan perjalanan ke Desa Banjarejo, Gunung Kidul, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di bagian timurnya Pantai Sepanjang serta Pantai Baron. Pantai Drini terletak bersebelahan dengan Pantai Baron. Obyek wisata jogja Pantai Drini juga masih terletak dalam satu jalur bersama beberapa pantai lain yang juga cukup populer diantaranya yaitu Pantai Kukup, Pantai Sundak dan Pantai Krakal.

Jika melakukan perjalanan dimulai dari pusat Jogja, maka jarak yang harus ditempuh oleh wisatawan yakni kurang lebih 60 km dan memakan waktu sekitar 2 atau 3 jam apabila menggunakan mobil maupun motor. Rute yang diambil mulai dari pusat Jogja menuju Wonosari, kemudian arah Mulo. Setelah tiba dipertigaan Mulo, ambil jalan lurus menuju pantai Baron. Sebelum sampai di pantai Baron, terdapat pertigaan lalu berbelok ke kiri hingga sampai di pantai Drini.

Jam Operasional Pantai Drini

Wisata Jogja Pantai Drini – dapat dikunjungi kapanpun karena terbuka 24 jam Senin sampai dengan Minggu. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai sepuas hati.

Fasilitas Pantai Drini

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Drini akan merasa cukup nyaman karena obyek wisata ini telah memiliki cukup fasilitas yang cukup memadai. Akses jalan menuju obyek wisata pun, terbilang sudah bagus karena jalanan beraspal hingga tiba di kawasan pantai.

  1. Lahan parkir lumayan luas, bahkan untuk memarkirkan bus-bus pariwisata yang berukuran besar.
  2. Toilet umum
  3. Mushola
  4. Gardu pandang bagi pengunjung pantai yang hendak menikmati keindahan matahari terbit.
  5. Gazebo-gazebo
  6. Warung makan
  7. Pedagang ikan laut segar