Paket Wisata Jogja Benteng Vredeburg

Wisata Jogja Benteng Vredeburg – Bangsa Belanda menjajah rakyat Indonesia selama kurang lebih 350 tahun. Tentu pengaruh masa kolonialisme tersebut masih bisa disaksikan hingga sekarang. Salah satu peninggalan Belanda di Indonesia yang masih berdiri kokoh sampai saat ini adalah Benteng Vredeburg yang terletak di Jogjakarta. Kamu bisa memesan paket wisata Jogja untuk menikmati wisata sejarah yang ada di kota pelajar ini.

Benteng Vredeburg merupakan salah satu bangunan dengan gaya arsitektur Eropa di Jogjakarta. Paket tour Jogja mewajibkan Kamu berkunjung ke benteng yang beralih fungsi menjadi museum ini. Benteng peninggalan Belanda ini dibangun pada tahun 1760 untuk mengawasi perkembangan Keraton Jogjakarta yang sangat pesat kala itu. Taktik Belanda sebelumnya berhasil memecah Keraton Mataram menjadi dua yaitu Kasultanan Jogjakarta dan Kasunanan Solo.

Belanda meminta ijin pada Pangeran Mangkubumi yang akhirnya bergelar sebagai Sultan Hamengkubuwono I untuk mendirikan sebuah benteng di dekat keraton. Alasan pemerintah Belanda untuk melindungi rakyat dan keraton diterima sang sultan mengingat posisi Belanda yang kuat kala itu. Padahal, alasan utama pembangunan benteng ini adalah untuk mengawasi pergerakan sultan dan rakyat Jogja lebih dekat. Hal ini bisa Kamu lihat dari posisi benteng yang menghadap ke jalan utama yang begitu strategis.

Sejak dibangun pada tahun 1760, Benteng Vredeburg mengalami perubahan dari masa ke masa. Semula bangunan ini sangat sederhana terbuat dari kayu pohon kelapa dan aren yang bernama Benteng Rustenburg yang bermakna benteng peristirahatan. Hingga akhirnya bisa berubah menjadi benteng dengan dinding permanen dilengkapi berbagai fasilitas mulai rumah perwira, gudang mesiu, rumah sakit, penyimpanan logistik dan lain-lain.

Sejak gempa melanda Jogja pada tahun 1867, benteng ini mengalami renovasi hingga akhirnya berganti nama menjadi Benteng Vredeburg yang bermakna benteng perdamaian. Banyak sejarah yang terjadi di benteng ini seperti kedudukan Jepang di Indonesia yang menjadikan benteng ini sebagai benteng pertahanan hingga usaha Belanda merebut kembali Benteng Vredeburg dari tangan Indonesia saat Agresi Militer II pada tahun 1949.

[Baca artikel lainnya disini]

Kini, Kamu bisa berkunjung ke lokasi Benteng Vredeburg dengan paket wisata Jogja murah. Nilai historis pada setiap bangunan ala Eropa yang ada di tempat ini bisa menjadi referensi pembelajaran generasi penerus. Terdapat ruang diorama sejarah Indonesia yang berisi koleksi kuno seperti benda bersejarah, foto-foto dan lukisan tentang perjuangan rakyat Indonesia.

Bagi Kamu yang benar-benar menyukai wisata sejarah, bisa mampir ke perpustakaan museum yang menyimpan setidaknya 5000 koleksi buku terdiri dari beragam tajuk. Kamu bisa puas menjelajah perpustakaan dan mendapatkan ilmu serta wawasan baru. Selain itu, wisatawan yang berkunjung pada hari Jumat  dan Minggu ke 2, 3 dan 4 bisa mendapatkan kesempatan menonton film nilai sejarah serta budaya Indonesia secara gratis.

Sebagai museum sejarah terbaik di Jogja, Benteng Vredeburg menjadi tempat wisata paling direkomendasikan paket tour Jogja. Kalau berkunjung ke Keraton Jogjakarta atau Malioboro, jangan lupa mampir ke Benteng Vredeburg, ya!

Nah, Kamu penasaran dengan semua hal yang ada di benteng berusia lebih dari 250 tahun ini? Segera saja pesan paket wisata Jogja yang menawarkan kunjungan ke Benteng Vredeburg di laman resmi kami objek wisata di jogja. Yuk, cintai sejarah perjuangan bangsa sendiri di Benteng Vredeburg!

Harga tiket Benteng Vredeburg

Wisata Jogja Benteng Vredeburg – mematok biaya masuk para wisatawan yang sangat murah meriah yakni hanya 3 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 2 ribu rupiah untuk anak-anak. Sedangkan wisatawan asing hanya perlu membayar 10 ribu rupiah untuk melihat koleksi museum ini. Bagi wisatawan yang datang dengan rombongan minimal 20 orang, biaya tiket masuk akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen.

Lokasi dan rute Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg berada di Jalan Ahmad Yani nomor 6, Kecamatan Gondomanan, DIY.

Rute menuju ke wisata jogja Benteng Vredeburg sangat mudah karena terletak di jantung kota Jogjakarta. Paket wisata Jogja akan mengajak Kamu menuju ke tempat sejarah ini yang bisa diakses dari mana saja. Kalau dari Stasiun Tugu, Kamu hanya perlu berjalan setidaknya 100 meter menyusuri Jalan Malioboro.

Jam operasional Benteng Vredeburg

Wisata Jogja Benteng Vredeburg terbuka untuk semua kalangan termasuk wisatawan paket wisata Jogja setiap hari Selasa-Kamis mulai pukul 07.30-16.00, Jumat-Sabtu pada pukul 07.30-16.30 WIB. Tempat ini tutup selama hari Senin dan hari libur nasional kecuali saat liburan Hari Raya Idul Fitri.

Fasilitas Benteng Vredeburg

Ada banyak fasilitas menarik yang dimiliki Benteng Vredeburg yang cocok dinikmati wisatawan paket tour Jogja. Bagi Kamu yang menyukai nuansa klasik dan kuno, benteng ini bisa menjadi tempat terbaik untuk berlibur termasuk menginginkan foto prewed dengan latar belakang bangunan ala Eropa.

Berikut fasilitas lengkap yang bisa Kamu dapatkan di Benteng Vredeburg.

  • Tempat parkir luas
  • Mushola
  • Toilet
  • Kafe dalam museum (Indische Café)
  • Ruang audio visual untuk menonton film
  • Perpustakaan
  • Wifi gratis