Wisata Jogja Candi Prambanan

Jogjakarta selalu lekat dengan Candi Prambanan sebagai obyek wisata paling ikonik. Anda belum dikatakan telah mengunjungi Jogja jika tidak pernah datang menikmati eksotisme mahakarya bercorak Hindu ini. Tak hanya dikenal dengan pertunjukan sendratari Ramayana yang terkenal, Wisata Jogja Candi Prambanan juga populer dengan legenda Roro Jonggrang. Paket wisata Jogja akan menunjukkan keindahan serta nilai historis yang dimiliki oleh Candi Prambanan di kota yang kental dengan nuansa Jawa ini.

Candi Prambanan dibangun oleh dua raja dari Wangsa Syailendra pada abad ke 9 Masehi yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini dibangun di atas tanah seluas 38,9 hektare. Untuk menunjukkan masa kejayaan agama Hindu kala itu dengan ciri utama berupa tinggi yang menjulang mencapai 47 meter. Candi ini memiliki tiga candi di halaman utama yang merupakan lambang kepercayaan Trimurti dalam agama Hindu yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa.

Selain itu, masing-masing candi utama diapit oleh candi pendamping yang menghadap ke barat. Terdapat pula 2 candi apit, 4 candi kelir serta 4 candi sudut yang membuat kawasan Prambanan semakin menakjubkan. Pada halaman kedua, paket wisata Jogja akan menunjukkan Anda 224 candi lainnya. Memasuki candi Siwa yang berada pada bagian tengah Candi Prambanan, Anda bakal menemukan ruangan yang berisi patung Durga yang dipercaya merupakan patung Roro Jonggrang.

Ya, menurut legenda rakyat yang masih ada hingga sekarang, Candi Prambanan merupakan bangunan yang diciptakan Bandung Bondowoso untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Sang putri yang tak berani menolak pinangan Bandung Bondowoso meminta dibuatkan 1000 candi dalam semalam. Karena memiliki kekuatan luar biasa, Bandung Bondowoso berhasil membuat 999 arca kala itu. Roro Jonggrang yang panik meminta para dayang keraton dan perawan desa menumbuk padi untuk mengusir makhluk halus yang membantu usaha Bandung Bondowoso.

[ Rekomendasi tempat yang wajib kamu kunjungi Wisata Pinus Pengger ]

Merasa dicurangi oleh tipu daya Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso pun marah dan mengutuk sang putri menjadi pelengkap 1000 candi. Terlepas dari benar atau tidak legenda tersebut, Candi Prambanan merupakan obyek wisata favorit yang harus Anda kunjungi kalau berlibur ke Jogjakarta. Anda bisa mengagumi keindahan setiap relief yang ada di Prambanan salah satunya adalah relief Kalpataru yang fenomenal.

Paket wisata Jogja juga akan mengajak Anda menikmati setiap spot foto di Candi Pambanan yang menawan. Ajak seluruh anggota keluarga Anda berwisata ke Candi Prambanan dengan paket tour Jogja. Selain bisa menikmati keindahan dan nilai historis dari kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan seni tari Ramayana di panggung terbuka Trimurti yang dihiasi deretan lampu romantis. Sebuah nilai kebudayaan lokal yang patut dilestarikan dan diapresiasi bersama.

Nah, jika berkunjung ke Candi Prambanan siang hari, ada baiknya Anda selalu menggunakan penutup kepala atau payung. Jangan lupa memakai kacamata hitam agar penampilan Anda semakin kece. Mengunjungi Candi Prambanan sangat disarankan pada pagi atau sore hari sebab pemandangan candi akan terlihat menakjubkan saat itu.

Anda tertarik berlibur ke sini dengan paket wisata Jogja rekomended?. Kunjungi laman resmi kami di http://happytour.id/ untuk mendapatkan informasi terkait reservasi paket wisata Jogja dan lain-lain. Liburan sekaligus mendapatkan nilai edukasi di obyek wisata Candi Prambanan, kenapa tidak?

Harga Tiket Candi Prambanan

Untuk menikmati paket wisata Jogja di Candi Prambanan, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 40 ribu rupiah saja, sedangkan si kecil mendapatkan harga 20 ribu rupiah. Khusus anak-anak pelajar atau mahasiswa yang ingin berlibur ke Prambanan bersama rombongan, akan mendapatkan diskon 50% dengan kuota minimal 20 orang.

Lokasi dan Rute menuju Candi Prambanan

Wisata Jogja Candi Prambanan berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY.

Rute menuju ke Candi Prambanan bisa Anda lakukan bersama paket tour Jogja dari pusat kota Jogja menuju ke Jalan Jogja-Solo, lurus terus ke arah timur hingga menemukan perbatasan Jogja-Jawa Tengah. Lurus terus dan menjumpai lampu lalu lintas, belok kiri maka Anda sudah sampai di Wisata Jogja Candi Prambanan. Jarak antara kota Jogjakarta hingga Candi Prambanan 16 kilometer yang bisa ditempuh dengan kendaraan paket wisata Jogja setidaknya 35 menit saja.

Objek ini bisa di akses dengan Sewa Bus Jogja

Jam Operasional Candi Prambanan

Wisata Jogja  Candi Prambanan terbuka untuk semua lapisan masyarakat setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.00-17.00. Bila ingin menyaksikan pertunjukan Ramayana, Anda bisa menikmati sendratari ini pada pukul 20.00-22.00 WIB.

Fasilitas Candi Prambanan

Candi Prambanan telah dikenal sebagai obyek wisata paling direkomendasikan paket tour Jogja. Tak mengherankan kalau fasilitas di tempat wisata ini tergolong lengkap. Anda bisa menemukan mushola, papan informasi lengkap, toko oleh-oleh, restoran, gazebo, toilet, golf cart serta tempat parkir yang lumayan luas. Selain itu, banyak sekali spot foto menarik serta perjalanan menyenangkan yang didukung oleh pemandu wisata profesional.