Paket Wisata Jogja Hutan Pinus Mangunan

Bagi traveler yang ingin menyegarkan pikiran dari kepenatan, ada satu destinasi liburan di wilayah Yogyakarta yang amat tepat untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Terdapat wisata jogja Hutan Pinus Mangunan menjadi sasaran kunjung utama para traveler. Mangunan merupakan salah satu destinasi paket wisata Jogja yang hits. Lokasinya berada di Dlingo, tepatnya di Mangunan. Lokasi Hutan Mangunan ini berdekatan dengan obyek wisata lainnya seperti perkebunan hingga kawasan makan raja-raja Mataram Yogyakarta.

Hutan Mangunan merupakan bagian dari kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan dan memang didominasi oleh tumbuhan pinus. Sebelum jadi salah satu obyek wisata di Yogyakarta, hutan pinus di wilayah Mangunan ini merupakan lahan tandus, namun kemudian direboisasi. Sebenarnya tidak cuma pinus, beberapa jenis pohon lainnya seperti akasia, mahoni, kemiri serta pohon kayu putih juga menghuni hutan Mangunan.

Saat ini kawasan Mangunan, terlebih di bagian yang banyak ditanami pinus tidak hanya difungsikan sebagai hutan lindung tetapi juga dikelola menjadi salah satu obyek wisata yang masuk dalam paket tour Jogja. Tidak hanya suasana asri hutan yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung, adanya mata air yang dinamakan Bengkung juga dipercaya masyarakat sekitar menjadi lokasi pertapaannya Sultan Agung bernama Hanyakrakusuma.

Lokasi pertapaan dan mata air tersebut berhasil menarik peziarah untuk berkunjung. Mata air tersebut dibangun oleh pemerintahan Belanda sekitar tahun 1925 sampai 1930. Untuk menuju lokasi mata air dan pertapaan di hutan Mangunan ini terdapat beberapa jalan. Pengunjung dapat menempuhnya dengan trekking di mulai dari tempat parkiran menembus hutan mengikuti lintasan outbond bernama Watu Abang. Selain itu, pengunjung dapat menempuh jalan melingkar tetapi lebih jauh. Jalan melingkar tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan motor atau sepeda.

[ Baca artikel lainnya disini ]

Kawasan hutan Mangunan ini kerap kali dijadikan tempat wisata terutama bagi anak muda. Tidak heran bila destinasi wisata ini populer di media sosial terutama Instagram. Ditambah lagi dengan dibangunnya sebuah panggung terbuka. Panggung tersebut biasa digunakan ruang pertunjukan di ruang terbuka, teduh dan sejuk antara lain pertunjukan music, teater dan sastra.

Panggung serta bangku-bangku untuk penonton didesain berbentuk setengah lingkaran. Semua bangku-bangku difokuskan agar mengarah pada panggung. Bahan panggung serta bangku-bangku berasal dari kayu pepohonan dan masih tampak bentuk aslinya. Dengan demikian, area panggung dan bangku-bangku di ruang terbuka yang unik tersebut menarik bagi pengunjung.

Bahkan di Hutan Mangunan juga telah dibuat gardu pandang yang terletak di atas pohon. Sangat disarankan untuk berhati-hati dan bersabar untuk antri, sebab kapasitas sangat terbatas dalam gardu pandang tersebut. Utamakanlah keselamatan terlebih terlalu bernafsu mendapat spot selfie yang paling menarik.

Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati beragam wahana alam yang menarik dari atas ketinggian sebab tempat wisata Mangunan berada di ketinggian kira-kira 200 mdpl. Batang-batang pohon pinus yang sudah bertransformasi jadi bangku-bangku sederhana, menjadi tempat duduk maupun ayunan hammock yang ada di bawah canopy dedaunan pinus, yang sering kali dijadikan tempat berpose bagi pengunjung yang memilih paket wisata Jogja Hutan Mangunan.

Ingin ke Mangunan? Kunjungi langsung laman website resmi kami di http://happytour.id/. Kami siap membantu agar perjalanan wisata menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pilih paket tour Jogja maka pengunjung tidak akan mengalami kesulitan selama berwisata, terutama bila Kamu datang dari luar kota.

Harga Tiket Masuk dan Parkir di Hutan Mangunan

Pengunjung hutan Mangunan hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp 2500. Sedangkan biaya parkir kendaraan mobil Rp 5000 dan Rp 2000 untuk sepeda motor.

Lokasi dan Rute Hutan Pinus Mangunan

Lokasi hutan pinus ini dapat ditempuh searah lokasi situs pekuburan Raja-Raja Imogiri. Dan karena itu pula, banyak pengunjung dari luar kota Jogja yang salah menyebut destinasi wisata ini sebagai Hutan Imogiri. Jarak perjalanan dari pusat Yogyakarta kira-kira 23 kilometer. Menuju lokasi Hutan Mangunan ini dapat ditempuh selama sekitar 60 menit menggunakan kendaraan bermotor.

Cara menuju obyek wisata jogja Hutan Pinus Mangunan yakni dari pusat Kota Jogja menuju jalan Imogiri Timur, selanjutnya menuju pertigaan Imogiri berbelok ke kiri arah pemakaman Raja Imogiri. Kemudian ada pertigaan berbelok ke kanan arah Mangunan. Setelah di pertigaan Mangunan berbelok ke kiri arah Hutan Mangunan.

Jam Operasional Hutan Mangunan

Wisata jogja Hutan Pinus Mangunan ini dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Fasilitas Hutan Mangunan

Hutan Mangunan ini memiliki lahan seluas kurang lebih sekitar 500 Ha. Berbagai fasilitas yang terdapat di obyek wisata jogja hutan pinus Mangunan, antara lain :

  1. Gardu pandang di atas pohon.
  2. Mushola
  3. Kamar mandi / toilet umum
  4. Panggung pertunjukan unik
  5. Warung-warung makan
  6. Spot khusus fotografi yang dapat digunakan pre wedding