Wayang Jogja Night Carnival 2023

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2023: Acara Puncak Hut Kota Jogja, Simak Informasinya !

Oleh: Happytour.id

Diperbarui:

Kategori: Info Terkini, Informasi

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang terkenal akan kekentalan kebudayaan nya, tak hanya menjadi kota pusat kebudayaan dan kota pendidikan, Jogja juga memiliki berbagai macam daya tarik ketika menyelenggarakan sebuah even atau sebuah acara yang di buka umum, setiap tahunnya Yogyakarta selalu mengadakan sebuah rangkaian acara guna memperingati hari jadi kota Yogyakarta,  yang di selenggarakan secara meriah. Hut Kota Jogja merayakan perjalanan panjang kota ini sejak didirikan pada tanggal 7 Oktober 1755. Jogja awalnya merupakan bagian dari Kesultanan Mataram yang berdiri pada abad ke-16. Namun, pada abad ke-18, Mataram terpecah menjadi dua wilayah, yaitu Kesultanan Yogyakarta dan Kesultanan Surakarta.

Hut Kota Jogja diperingati setiap tahun sebagai momen untuk mengenang perjuangan dan pembangunan kota ini. Selama beberapa abad, Jogja telah mengalami berbagai perubahan dan tantangan. Dari masa kolonial Belanda, hingga periode kemerdekaan Indonesia, Jogja tetap teguh dan berkembang menjadi salah satu pusat kebudayaan dan kegiatan politik di tanah air.

Perayaan Hut Kota Jogja merupakan momen yang penuh semangat dan kebanggaan bagi penduduk setempat. Biasanya, perayaan dimulai dari beberapa hari sebelum tanggal 7 Oktober dan berlangsung hingga beberapa minggu setelahnya. Berbagai acara dan kegiatan diadakan untuk menghormati sejarah dan budaya Jogja.

Pada puncak rangkaian acaranya Yogyakarta mengadakan sebuah festival acara yang sering disebut Wayang Jogja Night Carnival (WJNC). Wayang Jogja Night Carnival ini sudah sering dilaksanakan setiap tahunnya dan tepatnya pada tahun ini adalah yang ke 8 kalinya di selenggarakan. Dalam penyelenggaraan Wayang Jogja Night Carnival ini selalu memiliki tema tersendiri di setiap tahunnya, dan pada tahun 2023 ini akan diselenggarakan pada tanggal 7 Oktober 2023 dengan mengusung tema “Pandawa Mahabisekha” yang mengambil filosofi dari cerita karangan dari Mahabarata yang diciptakan di era Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kemeriahan acara Wayang Jogja Night Carnival ini akan di selenggarakan di kawasan Tugu Yogyakarta yang akan dimulai pada pukul 18:00. Bagi kamu yang tidak bisa menghadiri acara ini kamu bisa menyaksikan live streaming youtube melalui channel Pemkot Jogja dan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta.

Paket Wisata ke Jogja dari Happytour.id

Acara Wayang Jogja Night Carnival ini merupakan sebuah pertunjukan seni dan budaya, seperti tari, musik, teater, dan seni rupa. Masyarakat dapat menikmati pertunjukan dari berbagai seniman lokal dan internasional. Ini adalah kesempatan bagi seniman untuk menunjukkan bakat mereka dan masyarakat untuk menikmati keindahan seni Yogyakarta. Tak hanya itu saja, dan yang tak kalah meriahnya dalam acara ini adalah akan ada kirab budaya atau karnaval yang diikuti oleh sebagian warga Jogja yang mengikuti acara karnaval ini dengan menggunakan berbagai macam kostum unik yang telah mereka siapkan sesuai dengan tema Wayang Jogja Night Carnival setiap tahunnya.

Selain acara Wayang Jogja Night Carnival ini ada beberapa rangkaian acara yang bisa kamu hadiri beberapa hari sebelum acara ini berlangsung seperti berikut ini:

  • Yogowes
    Acara ini diselenggarakan pada tanggal 1 Oktober 2023 yang dilaksanakan di Balaikota Yogykarta dengan mengahdirkan beberapa gues star untuk menambah kemeriahan acara ini
  • Karnaval Budaya Pelajar
    Karnaval ini di meriahkan oleh seluruh pelajar di Jogja mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada di jogja tepatnya pada tanggal 2 Oktober
  • Festival Batik
    Diselenggarakan pada tanggal 2 Oktober pada pukul 14:00 di PDIN Yogyakarta untuk memperingati Hari Batik Nasional
  • Sekar Rinonce
    Diselenggarakan di Teras Maioboro 2 pada pukul 19;00 rangkaian seni budaya untuk meningkatkan atmosfer budaya
  • Kolaborasi Wayang “Sawega”
    Pagelaran wayang yang disajikan dengan berbagai kolaborasi wayang degan sentuhan tradisional dan modern pada tanggal 4 Oktober  di Titik Nol Km, pada pukul 19:00
  • Sekati Ing Mall
    Diselenggarakan di Plaza Malioboro pukul 10:00
  • Bringharjo fashion day
    Acara ini dilangsungkan di Pasar Beringharjo, pada pukul 10:00-12:00 WIB
  • Festival Angkringan
    Pada festival ini akan ada sego kucing, sate usus dan sate telur yang bisa kamu dapatkan gratis di Pasar Ngasem pada pukul 10:00
  • Malioboro Coffe Night
    Pembagian kopi gratis ini akan di selanggarakan di Kotabaru dan Loko Caffe mulai dari jam 18:30 – 22:00 WIB
  • Wayang Jogja Night Carnival
    Acara WJNC ini diadakan di Tugu Yogyakarta dari Jl Diponegoro dan Jl Jendral Sudirman

Dengan berbagai rangkaian acara selama 1 minggu untuk memperingati Hut kota Jogja ini, Pemkot Yogyakarta berharap dengan adanya rangkaian acara ini bisa menjadi sebuah peluang agar banyak wisatawan yang mengikuti rangkaian acara ini dan menetap lebih lama di kota Yogyakarta. Selain itu, Hut Kota Jogja juga menjadi kesempatan untuk menatap masa depan. Kota ini terus berkembang dan bertransformasi, baik dalam bidang pendidikan, pariwisata, maupun ekonomi. Perayaan ini menjadi ajang untuk mempromosikan potensi dan daya tarik kota Jogja kepada dunia. Dengan menampilkan kebudayaan yang kaya dan keindahan alamnya, Jogja dapat menarik lebih banyak wisatawan dan investasi untuk kemajuan kota ini.

Hut Kota Jogja adalah perayaan yang penting bagi masyarakat Jogja untuk mengenang perjalanan panjang kota ini dan merayakan kebudayaan yang kaya. Perayaan ini menjadi momen untuk menghormati sejarah dan warisan kota, serta menatap masa depan dengan optimisme. Meskipun dihadapkan pada tantangan, Jogja memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan menjadi kota yang lebih baik. Hut Kota Jogja mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai warisan dan mengambil peluang untuk pertumbuhan dan kemajuan.