Paket Wisata Purwokerto Goa Jatijajar

Goa Jatijajar, salah satu obyek wisata Goa di Provinsi Jawa Tengah yang menawarkan keeksotisan alam yang tentunya akan membuat para pengunjungnya tertegun saat melihat keindahannya. Goa yang menjadi salah satu tujuan paket wisata Purwokerto ini merupakan suatu situs geologi dan terbentuk secara alamiah, berasal dari kapur. Meskipun tidak termasuk dalam salah satu obyek wisata air, tapi bukan berarti di sekitar tempat wisata ini tidak mempunyai sumber air.

Goa Jatijajar menjadi salah satu obyek wisata yang diunggulkan. Goa ini indah dengan hiasan stalagit serta stalagmit dalam goa. Stalagit serta stalagmit tersebut terbentuk dari endapan air di musim hujan di atap goa, yang kemudian bereaksi dengan bebatuan kapur. Proses terbentuknya Stalagit serta stalagmit Goa Jatijajar telah berlangsung ratusan tahun silam.

Dikarenakan termasuk obyek wisata alam berupa goa, maka obyek wisata goa Jatijajar tak terlepas dari mitos. Pada umumnya, cerita mitos yang tersebar di tengah masyarakat tentang goa ini berhubungan dengan aliran sungai yang ada di dalam goa.

Di dalam Goa Jatijajar ini ada 7 aliran sungai tetapi cuma 4 aliran saja yang dapat dicapai oleh para pengunjung sebab 3 aliran lainnya sangat dalam serta akses jalannya tak memungkinkan diraih dengan mudah. Setiap sungai dalam Goa Jatijajar ini mempunyai nama-nama sendiri serta setiap sungai mempunyai khasiat tersendiri terutama bagi orang-orang yang mempercayai.

Di dalam Goa Jatijajar, selain terdapat stalagtit dan stalagmit, terdapat pula 8 deorama serta 32 patung, semuanya menggambarkan cerita legenda tentang seorang tokoh yaitu Raden Kamandaka yang memiliki nama lain yang lebih terkenal yaitu Lutung Kasarung.

Di Goa Jatijajar para pengunjung tak perlu risau dengan kegelapan karena banyak lampu terpasang dan menjadi sumber penerangan ketika masuk ke dalam goa. Wisatawan yang hendak mengelilingi Goa Jatijajar telah disediakan jalan trap beton agar lebih memudahkan pengunjung. Goa Jatijajar berada di kaki pegunungan kapur, letaknya memanjang mulai arah Utara hingga Selatan membentuk tanjung yang menjorok ke arah laut.

Liburan Penuh Keasyikan bersama Paket Wisata Purwokerto dari Happy Tour

Salah satu ciri khas Goa Jatijajar ialah adanya patung dinosaurus di dekat mulut goa. Dari mulut patung dinosaurus tersebut keluar air terus menerus. Air dari mulut patung dinosaurus tersebut bersumber dari aliran sungai bernama Mawar serta Sungai Kantil di dalam Goa. Aliran air tidak pernah mengering bahkan dijadikan sumber irigasi bagi persawahan di sekitar Goa Jatijajar.

Berdasarkan sejarah tentang Goa Jatijajar, lokasi goa ini ditemukan pertama kali oleh petani bernama Jayamenawi tahun 1802. Pada awalnya petani tersebut bermaksud merumput di sawahnya yang ternyata berada di atas goa. Tiba-tiba petani tersebut terperosok ke dalam goa. Setelah itu, petani tersebut melaporkan penemuannya pada pemerintah setempat. Selanjutnya Bupati Ambal meninjau lokasi. Sesampai di lokasi Goa, pandangan bupati tertuju ke dua batang pohon jati sejajar di mulut goa. Oleh sebab itulah goa tersebut dinamai Goa Jatijajar.

Tahun 1975 Goa Jatijajar secara perlahan mulai dikembangkan lalu difokuskan sebagai salah satu obyek wisata. Pengerjaan fasilitas di Goa Jatijajar memakan lahan sawah yang ada di atasnya maupun di sampingnya. Luas lahan masyarakat yang digunakan untuk pengerjaan fasilitas Goa Jatijajar yakni sekitar 5,5 Hektar. Goa yang pada awalnya gelap serta licin telah terpasang lampu listrik serta trap-trap beton. Dipasang pula patung-patung serta deorama di sepanjang goa.

Tidak kalah menariknya dengan obyek wisata Goa lainnya di berbagai daerah di Indonesia, Goa Jatijajar menawarkan keunikannya tersendiri yang bisa dinikmati pengunjung. Apabila Anda tertarik berwisata ke Goa Jatijajar, pilih paket wisata Purwokerto yang menjamin kenyamanan serta kemudahan Anda selama berwisata. Cari tahu informasi selengkapnya mengenai paket wisata Purwokerto di laman website http://happytour.id/.

Harga Tiket Goa Jatijajar

Untuk menikmati keunikan dan keindahan stalagmit dan stalagtit di obyek wisata Goa Jatijajar ini, biaya yang harus dibayarkan terbilang masih terjangkau. Harga tiket untuk masuk ke obyek wisata Goa Jatijajar yakni Rp 7000 setiap orangnya. Anak-anak balita tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Lokasi Serta Rute Goa Jatijajar

Goa Jatijajar yang dalam tujuan paket wisata Purwokerto berada di jalan Jatijajar Kecamatan Ayah. Letak lokasi menuju obyek wisata goa ini cukup mudah dilalui para pengunjung. Rute yang dapat ditempuh tidaklah sulit, serta disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau dapat juga memilih paket wisata Purwokerto agar perjalanan Anda lebih mudah dan nyaman, sebab menuju obyek wisata ini masih sulit mencari kendaraan umum untuk mengantarkan wisatawan.

Jam Operasional Goa Jatijajar

Goa Jatijajar yang termasuk dalam salah satu tujuan paket wisata Purwokerto mempunyai jam operasional yang sebaiknya diperhatikan. Obyek wisata Goa ini dibuka untuk umum mulai dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, berlaku setiap hari, baik di hari kerja, akhir pekan maupun hari libur nasional.

Fasilitas di Sekitar Goa Jatijajar

Berberapa fasilitas telah melengkapi obyek wisata Goa Jatijajar, diantaranya :

  • tempat parkir memadai
  • kawasan bermain anak
  • toilet umum
  • tempat ibadah
  • cafe
  • tempat-tempat makan
  • pasar souvenir
  • dan kerajinan setempat