Paket Wisata Semarang Lawangsewu

Lawangsewu adalah salah satu obyek wisata sejarah menarik yang banyak mendapatkan perhatian dari berbagai wisatawan baik itu lokal maupun mancanegara. Sebuah bangunan kuno peninggalan Belanda ini ternyata menyimpan banyak sekali cerita terkait dengan makhluk halus yang konon menghuni lokasi ini. meskipun demikian, banyak paket wisata Semarang yang menawarkan wisata ke tempat ini karena keindahannya dan arsitekturnya yang indah.

Sejarah mencatat bahwa Lawangsewu ini dahulunya adalah sebuah kantor perkeretaapian yang dibangun sekitar tahun 1904 – 1907. Dikatakan bahwa kantor ini dulunya bernama Nederlands-Indische-Spooweg Maatscappij (NIS). Selanjutnya, perusahaan ini membangun rel pertama kali yang ada di Indonesia pada 17 Juni 1864. Sayangnya, di tahun 1905, stasiun semarang ini harus tutup mengingat lokasinya yang terendam rob.

Sebelumnya, kegiatan administrasi NIS ini dilakukan di bagian stasiun semarang gudang yang kemudian tidak bisa menampung jumlah karyawan dan pada akhirnya dibangunlah Lawangsewu. Tujuan dibuatnya banyak pintu di Lawangsewu ini adalah untuk menciptakan sirkulasi udara agar ruangan tetap nyaman selama berkunjung dengan memanfaatkan paket wisata Semarang.

Jika dihitung dengan benar, tempat wisata di Jawa Tengah ini tidak memiliki pintu sejumlah seribu buah. Akan tetapi, hanya sebanyak 429 dan jika dihitung dengan daun pintunya, maka bisa mencapai total 928 buah. Pada hakikatnya, untuk jumlah awal dari pintunya ini lebih banyak lagi, namun seiring berjannya waktu, beberapa ada yang mencurinya.

Selama berwisata di Lawangsewu dengan paket wisata Semarang, ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti halnya berkeliling sembari menikmati desain arsitekturnya yang sangat indah. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati dinding kaca patri dengan tinggi mencapai lebih dari 2 meter.

Jangan lupa untuk belajar sejarah terkait dengan Lawangsewu yang telah menjadi saksi bisu penjajahan. Selain itu, di dalam bangunan tersebut juga terdapat yang namanya gedung dengan bentuk L dan difungsikan sebagai museum. di dalam museum tersebut, Kamu akan menjumpai yang namanya berbagai foto, tiket kereta api kuno, diorama dan berbagai penjelasan tentang perkeretaapian.

Wisata menarik ke Lawangsewu dengan Paket Wisata Semarang

Sejak direnovasi di tahun 2011 silam, bangunan Lawangsewu menjadi sangat indah dan banyak dijadikan sebagai destinasi wisata dengan paket wisata Semarang yang terjangkau. Bahkan, di sore ataupun malam hari, Kamu juga akan dimanjakan dengan nuansa lampu yang sangat menarik dan mengundang kesan romantis.

Banyak spot menarik yang bisa Kamu jadikan sebagai tempat berfoto. Banyak pula pasangan calon pengantin yang menjadikan tempat wisata ini sebagai latar belakang foto pre-wedding mereka yang sangat menarik.

Bagi Kamu yang tertarik untuk menikmati desain arsitektur ataupun keinahan Lawangsewu dari segi sejarahnya, Kamupun bisa memanfaatkan paket wisata Semarang dengan mengunjungi laman https://www.happytour.id. Dengan cara ini, Kamu akan mendapatkan banyak kemudahan dalam mendapatkan paket wisata dengan harga yang sangatlah terjangkau.

 

Harga Tiket Masuk Lawangsewu

Terlepas dari paket wisata Semarang, bagi Kamu yang ingin mengunjungi Lawangsewu akan dikenakan biaya yang sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 10,000/orang. Biaya masuk ini hanya berlaku untuk pengunjung dewasa dengan usia di atas 13 tahun saja. sedangkan untuk anak – anak dengan usia 3 – 12 tahun akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5,000. Bagi pengunjung di bawah 3 tahun tidak dipungut biaya apapun.

Jika Kamu datang sebagai pelajar SD – SMA, Kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5,000. Sedangkan untuk mahasiswa, akan dikenakan biaya yang sama dengan harga tiket masuk pengunjung dewasa.

Lokasi Dan Rute Perjalanan ke Lawangsewu

Tempat wisata Lawangsewu ini berlokasi di komplek Tugu Muda, tepatnya di Jalan Pemuda, Sekayu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam hal ini, lokasi dari Lawangsewu ini ada di pusat kota dan tidak jauh dari Bundaran Tugu Muda, tepatnya berada di sebelah timurnya. Oleh sebab itu, tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau dengan berbagai kendaraan.

Untuk Kamu yang tidak memanfaatkan paket wisata Semarang dan ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut dengan memanfaatkan kendaraan umum menggunakan bus Yogyakarta, Kamu bisa turun di sekitar Banyumanik ataupun Sukun.

Selanjutnya, Kamu bisa menaiki bus dengan jurusan Salatiga – Semarang dan Kamupun bisa turun di Tugu Muda. Dari sini, Lawangsewu bisa Kamu capai dengan berjalan kaki saja.

Jam Operasional Lawangsewu

Bagi Kamu yang ingin menikmati pesona bangunan zaman dahulu sekaligus seluk beluknya yang ada di Lawangsewu, dengan paket wisata Semarang, Kamu bisa berkunjung pada jam yang telah ditentukan. untuk jam kerja dari tempat wisata ini dimulai dari pukul 07.00 – 21.00 dengan hari kerja dari Senin hingga Minggu.

Fasilitas Tempat Wisata Lawangsewu

Selama memanfaatkan paket wisata Semarang, Kamupun juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola wisata Lawangsewu. Untuk fasilitas pengunjung diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Tempat parkir yang memadai
  • Tempat duduk yang digunakan untuk bersantai
  • Toilet yang nyaman
  • Museum kecil pengenalan kereta api
  • Pemandu wisata